Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas
Jum'at 05 Aug 2011
10:29 AM Alim Sumarno, M.Pd
ABSTRAK
Ramadhani, Arnety
Nantris. 2007.Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas Guru di Kelas terhadap
Prestasi Belajar Siswa di SMK Ardjuna Malang (Studi Siswa Kelas II Jurusan
Administrasi Perkantoran pada Mata Diklat Menangani Surat Masuk dan Surat
Keluar). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi
Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.
Sarbini, (2) Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.
Dalam meningkatkan
prestasi dan mutu para tamatan SMK, perlu adanya peningkatan kualitas proses
belajar mengajar di kelas. Kualitas belajar siswa serta para lulusan ditentukan
oleh keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar tersebut atau dengan kata
lain kualitas belajar siswa banyak ditentukan oleh fungsi dan peran guru di
kelas. Fungsi dan peran guru salah satunya adalah sebagai pemimpin. Dalam
memimpin kelas guru memiliki gaya kepemimpinan tersendiri. Ada tiga macam gaya
kepemimpinan guru di kelas yaitu, (1) Demokratis, (2) Otokratis, 3. Gaya
kepemimpinan Laissez faire (kendali bebas). Disamping itu kreativitas guru di
kelas juga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dengan kreativitas guru di
kelas serta fungsi dan peran yang dijalankan dengan baik maka proses belajar
mengajar dapat berlangsung dengan kondusif, efektif dan efisien sehingga
prestasi belajar siswa dapat meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
mendeskripsikan gaya kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas di SMK Ardjuna
Malang Jurusan Administrasi Perkantoran. (2) mendeskripsikan tingkat prestasi
belajar siswa SMK Ardjuna Malang Jurusan Administrasi Perkantoran. (3)
mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas terhadap
prestasi belajar siswa SMK Ardjuna Malang Jurusan Administrasi Perkantoran pada
mata diklat Menangani Surat Masuk dan Surat Keluar.Rancangan penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian
adalah siswa kelas II APK di SMK Ardjuna Malang yakni SMK Ardjuna 1 dan SMK
Ardjuna 2 Malang yang berjumlah sebanyak 61 siswa. Penelitian ini melibatkan
empat variabel bebas (X) yang terdiri dari gaya kepemimpinan demokratis (X1),
gaya kepemimpinan otokratis (X2), gaya kepemimpinan laissez faire (X3),
kreativitas guru di kelas (X4), sedangkan variabel terikat (Y) dari penelitian
ini adalah prestasi belajar siswa. Alat pengumpul data berupa angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial dengan bantuan
SPSS 11.00 For Windows.Hasil penelitian menunjukkkan: (1) Nilai koefisien
parsial gaya kepemimpinan demokratis (B1) sebesar 0,331, thitung = 3,552, sig t
= 0,001. (2) Nilai koefisien parsial gaya kepemimpinan otokratis (B2) sebesar
0,358, thitung = 3,362, sig t = 0,001. (3) Nilai koefisien parsial gaya
kepemimpinan laissez faire (B3) sebesar -0,256, thitung = -3,309, sig t =
0,002. Serta (4) Nilai koefisien parsial kreativitas guru di kelas (B4) sebesar
0,068, thitung = 4,138, sig t = 0,000.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah
(1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan
demokratis dengan prestasi belajar siswa (2) Terdapat pengaruh positif yang
signifikan antara gaya kepemimpinan otokratis dengan prestasi belajar siswa (3)
Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan laissez faire dengan
prestasi belajar siswa dengan arah variabel negatif (4) Terdapat pengaruh
positif yang signifikan antara kreativitas guru di kelas dengan prestasi belajar
siswa (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan guru
secara simultan dengan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan Sig F
sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung sebesar 22,575, nilai koefisien
regresi (Multiple R) yang dimiliki adalah 0,740 dan nilai koefisien determinasi
(Adjusted R Square) yang disesuaikan adalah sebesar 0,523. (6) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas
dengan prestasi belajar siswa.Hal ini dibuktikan dengan Sig F sebesar 0,000
< 0,05 dengan nilai F hitung sebesar 26,087, nilai koefisien regresi
(Multiple R) yang dimiliki adalah 0,809 dan nilai koefisien determinasi
(Adjusted R Square) yang disesuaikan adalah sebesar 0,630.Saran yang diajukan berkaitan
dengan temuan yang telah diperoleh adalah (1) Guru sebaiknya menerapkan
kepemimpinan yang situasional dan fleksibel yang memusatkan perhatian pada
kondisi siswanya sehingga perilaku yang diterapkan oleh guru akan tepat dan
efektif. Selain itu kreativitas guru saat di kelas juga perlu ditingkatkan
sehingga dapat mencapai prestasi yang baik. (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat
melakukan penelitian-penelitian lanjutan indikator alternatif lain yang
memiliki kontribusi terhadap keefektifan dan peningkatan kualitas proses
belajar mengajar serta peningkatan prestasi belajar siswa dengan obyek
penelitian yang lebih luas.
Komentar
Posting Komentar