Senin, 23 April 2012

Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam


Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar – Risalah Lirboyo Kediri.
Penulis:Bhak Udin BY A
Tahun:2011
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Dr. H. Moh. Padil, M.Ag.  
Kata Kunci:Peran Kepala Sekolah, KompetensiPedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam

Dalam upaya meningkatan mutu pendidikan, kompetensi pedagogik guru merupakan salah satu faktor yang amat penting. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kepala sekolah, sebagai : educator, manajer, administrator, supervisor, leader, pencipta iklim kerja dan wirausahawan.
Peningkatan kompetensi pedagogik guru tidak lepas dari peran kepala sekolah. Dengan demikian kepala sekolah harus bisa berperan dalam meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama Islam, agar proses belajar mengajar tidak menjenuhkan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi ini dan mengambil judul Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar – Risalah Lirboyo Kediri.
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar – Risalah Lirboyo Kediri. serta mendiskripsikan kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar- Risalah Lirboyo Kediri.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, karena untuk menggambarkan atau mendiskripsikan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yakni, identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru PAI kemampuan mengelola pembelajaran, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum dan perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik masih sangat perlu ditingkatakan. (2) dan kemudian peran kepala sekolah meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI yaitu dengan cara mengoptimalkan peran kepala sekolah, yaitu sebagai: educator, manajer, adiministrator, supervisor, leader.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar