Langsung ke konten utama

Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam


Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar – Risalah Lirboyo Kediri.
Penulis:Bhak Udin BY A
Tahun:2011
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Dr. H. Moh. Padil, M.Ag.  
Kata Kunci:Peran Kepala Sekolah, KompetensiPedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam

Dalam upaya meningkatan mutu pendidikan, kompetensi pedagogik guru merupakan salah satu faktor yang amat penting. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kepala sekolah, sebagai : educator, manajer, administrator, supervisor, leader, pencipta iklim kerja dan wirausahawan.
Peningkatan kompetensi pedagogik guru tidak lepas dari peran kepala sekolah. Dengan demikian kepala sekolah harus bisa berperan dalam meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama Islam, agar proses belajar mengajar tidak menjenuhkan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi ini dan mengambil judul Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar – Risalah Lirboyo Kediri.
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar – Risalah Lirboyo Kediri. serta mendiskripsikan kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar- Risalah Lirboyo Kediri.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, karena untuk menggambarkan atau mendiskripsikan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yakni, identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru PAI kemampuan mengelola pembelajaran, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum dan perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik masih sangat perlu ditingkatakan. (2) dan kemudian peran kepala sekolah meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI yaitu dengan cara mengoptimalkan peran kepala sekolah, yaitu sebagai: educator, manajer, adiministrator, supervisor, leader.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beli Mobil Dahulu apa Membuat Garasi Dahulu?

Berkaitan kehidupan bertetangga, kenyamanan dan kedamaian akan menjadi faktor pendukung tegaknya kerukunan pada tingkat tetangga (RT).

Pada perumahan type kecil, umumnya fasilitas jalan hanya 4 meter. Dari ukuran ini, belum diambil untuk penghijauan dan pemasangan bak sampah, tak bisa dipungkiri bila kita harus parkir mobil dijalan tentu akan mengganggu pengguna jalan lain - tetangga yang butuh keluar atau pulang dengan menggunakan mobil.

Melihat dan merasakan hal ini, sebagai tetangga hanya bisa diam, karena tidak enak untuk memberi pengertian, bahkan Pak RT dan Pak RW saja merasa segan untuk menegur.

Sebagai warga, rasanya tidak "elok" kalau hal ini menimbulkan perselisihan antar warga apalagi berakhir dengan saling bermusuhan.

Untuk itu, saling memahami antara hak dan kewajiban dalam bertetangga perlu disampaikan dalam moment-moment tertentu dilingkungan RT atau RW agar kekompakan dan kerukunan menuju lingkungan yang tertib, ny…

Belajar Berternak Sapi Kecil-kecilan.

Kebutuhan daging konsumsi di Negera kita masih tinggi tingkat ketergantungannya terhadap import.

Sebagai negara agraris , berternak seharusnya menjadi aktifitas ekonomi yang tinggi disamping sektor pertanian dan perikanan.

Untuk mengurangi tingkat ketergantungan import sapi , kita perlu memberikan pemahaman terhadap masyarakat bahwa berternak sapi itu mudah, modal terjangkau dan menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi bila dikelola secara profesional.

Keuntungan beternak sapi :
1. Keuntungan secara materi dari hasil penjualan.
2. Penyediaan lapangan pekerjaan.
3. Tersedianya pupuk organik sebagai penyeimbang atau pengganti pupuk berbahan kimia.

Berbagai macam jenis terternak sapi:
1. System Penggemukan.
2. System peranakan.
3. Sapi perah.

Belajar Bisnis ternak Sapi kecil-kecilan.

Untuk memulai bisnis sapi tidak harus bermodal besar. Dengan satu atau dua ekor sapi saja , kita sudah bisa memulai bisnis ini.
Sebagai gambaran sederhana. Apa bila kita berminat memulai bisnis ini, sebelum …

STUDI KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 88 JAKARTA Skripsi

STUDI KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI
SMA NEGERI 88 JAKARTA
Skripsi
Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
Oleh :
Hanifah Lubis
104011000177
Dibawah Bimbingan
Drs. H. Paimun Dra. Manerah
NIP: 150 012 567 NIP : 150 268 585
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SYARIF HIYATULLAH
JAKARTA
1429 H / 2008 M
id11371421 pdfMachine by Broadgun Software  - a great PDF writer!  - a great PDF creator! - http://www.pdfmachine.com  http://www.broadgun.com LEMBAR PERNYATAAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
a. Nama Lengkap : Hanifah Lubis
b. N I M : 104011000177
c. Fakultas / Jurusan : F I T K / Pendidikan Agama Islam
d. Judul Skripsi : Studi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di SMA
Negeri 88 Jakarta
Dengan ini menyatakan bahwa :
1. Skripsi ini merupakan hasil karya penulis yan…