Langsung ke konten utama

PLANET PENGGANTI BUMI




Adakah Planet Lain Yang Bisa Dihuni Manusia Selain di Bumi?


Fisikawan terkemuka Stephen W Hawking berkata, "Jika umat manusia ingin hidup di masa datang mereka harus mencari bumi lain di luar sistem matahari."


Penemuan terbaru Badan Antariksa Amerika (NASA), mengungkapkan, adanya planet terdekat yang mirip bumi. Kepler-22b, adalah sebuah planet berukuran dua bumi yang mengorbit di zona bernama 'Goldilocks' dan terletak di rasi bintang Cygnus.



Planet ini diyakini Ilmuwan NASA memiliki zona air dan berpotensi memiliki kehidupan. Peneliti NASA dari Ames Research Center, Bill Borucki mengatakan Ukuran Kepler-22b adalah 2,4 kali lebih besar dari Bumi, tahun orbitnya selama satu tahun adalah 290 hari.



"Tapi bintangnya agak redup dibanding matahari dan lebih kecil, sehingga Kepler-22b dimungkinkan memiliki temperatur mirip Bumi," ungkapnya sebagaimana dikutip dari Republika.



Sayangnya, ilmuwan belum bisa merinci lebih jelas komposisi Kepler-22b. Apakah didominasi batu, cairan, atau gas, yang cocok dengan kehidupan manusia untuk bisa dihuni.  



Selain itu, planet Kepler-22b ini berjarak 600 tahun cahaya dari bumi. Dimana dalam perhitungan fisika satu tahun cahaya sama dengan lebih dari 9 triliun Km. Artinya planet yang dianggap terdekat dan berpotensi memiliki kehidupan ini berjarak 500 ribu triliun Km dari bumi.


Pandangan Al Quran
Ilmuwan barat bersikeras adanya 'bumi' lain, Namun Al Quran menguatkan bahwa hanya bumilah satu-satunya planet yang cocok untuk kehidupan manusia.


Al Quran telah menjelaskan kepada manusia bahwa bumi adalah satu-satunya tempat yang paling ideal untuk dihuni. Hingga saat ini, Ulama menjelaskan bahwa Al Quran menjanjikan hanya bumilah satu-satunya tempat yang layak untuk dihuni umat manusia.



"Allah berfirman: di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan di bumi itu pula kamu akan dibangkitkan," (QS Al-A'raf [7]: 25).



Dalam surah Thaha ayat 55, Allah SWT berfiman, "Dari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kamu, dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu, dan darinya Kami akan mengembalikan kamu pada kali yang lain."



Meski begitu, Allah SWT melalui firmannya dalam Alquran memberikan kebebasan kepada manusia untuk menjelajahi penjuru langit. Termasuk bumi atau alam semesta sesuai dengan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia.



“Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan (ilmu pengetahuan)” (Q.S Ar-Rahman 33). wallahu a'lam


 | 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reading Strategy/Strategi Membaca/ Muhammad Supardi

READING STRATEGIES !
SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review)



 READING STRATEGY       Muhammad Supardi

           A lecturer at English Letters Departement,           Bina Sarana Informatika Jakarta            Jl. Raya  Fatmawati Pondok Labu Jakarta
ABSTRACT
For most English learners, reading still becomes one of difficult language skill to master. There are two main factors causing them unable  to read. First, they usually have very  limited vocabulary  so that they  can not understand even short paragraph; and second they focus too much on word meaning rather than sentence meaning. This article introduces an effective strategy to develop their reading ability.
Key Words  :   characteristic,            effective, strategy, Context clues.
Many students of English as a foreign language consider reading English is very difficult. They also find that reading lesson in class is boring. in order to see how students of English as foreign language can understand well a reading le…

INOVASI LAMPU SEIN

PROPOSAL SINGKAT USULAN INOVASI LAMPU SIGN KENDARAAN BERMOTOR
BAB  I A.Latar Belakang Masalah Lampu sign pada kendaraan bermotor merupakan kelengkapan kendaraan bermotor memiliki fungsi yang sangat vital. Berapa banyak pengendara yang mengalami kecelakaan lalulintas yang disebaban oleh kelalaian dalam penggunaan atau kurang berfungsinya lampu sign.                         Seiring  dengan  kemajuan  industri  otomotif   yang   berdampak pada         kepadatan lalulintas, lampu sign perlu  inovasi lebih lanjut     agar     menjadi                media antar pengendara yang lebih komunikatif.
                         Isyarat  kedipan lampu dengan ritme yang sama untuk berbagai              macam isyarat  sering  membingungkan bagi pengendara, sehingga pengendara hanya bisa menebak-nebak kendaraan yang ada di depannya dengan beberapa kemungkinan seperti mau pindah lajur,  mau berputar arah atau mau  parkir di           tepi  jalan karena alasan sesuatu  hal.                         Memperhatik…

READING STRATEGY/ STRATEGI MEMBACA