Belajar Berternak Sapi Kecil-kecilan.



Kebutuhan daging konsumsi di Negera kita masih tinggi tingkat ketergantungannya terhadap import.

Sebagai negara agraris , berternak seharusnya menjadi aktifitas ekonomi yang tinggi disamping sektor pertanian dan perikanan.

Untuk mengurangi tingkat ketergantungan import sapi , kita perlu memberikan pemahaman terhadap masyarakat bahwa berternak sapi itu mudah, modal terjangkau dan menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi bila dikelola secara profesional.

Keuntungan beternak sapi :
1. Keuntungan secara materi dari hasil penjualan.
2. Penyediaan lapangan pekerjaan.
3. Tersedianya pupuk organik sebagai penyeimbang atau pengganti pupuk berbahan kimia.

Berbagai macam jenis terternak sapi:
1. System Penggemukan.
2. System peranakan.
3. Sapi perah.

Belajar Bisnis ternak Sapi kecil-kecilan.

Untuk memulai bisnis sapi tidak harus bermodal besar. Dengan satu atau dua ekor sapi saja , kita sudah bisa memulai bisnis ini.
Sebagai gambaran sederhana. Apa bila kita berminat memulai bisnis ini, sebelum kita membeli sapi tentu kita putuskan apakah mau dipelihara sendiri atau memberdayakan orang lain?
Kalau ingin dipelihara sendiri tentu harus mempersiapkan kandang sapi yang representatif. Sedangkan kalau mau memperdayakan orang lain dengan system bagi hasil, tentu tidak perlu repot-repot membuat kandang yang justru akan menambah budget anggaran.

System bagi hasil.

Untuk kebersamaan, usaha ternak sapi dengan system bagi hasil agaknya bisa menjadi pilihan, terutama bagi kita yang sudah memiliki kesibukan tetap sebagai karyawan atau profesional.

System bagi hasil, berarti hasil penjualan dibagi dua antara pemodal dan pengelola. Adapun prosentase hasil pembagian, tentu harus kesepakan kedua belah pihak baik secara administratif maupun normatif.

Keuntungan bagi hasil yang dapat dirasakan adalah, pengelola lebih termotivasi untuk bekerja lebih baik , karena hasil akhir akan dipengaruhi oleh kinerja yang dicurahkan.

Pemuaian hasil ternak sapi.

System penggemukan.
Penggemukan hewan sapi, biasanya memakan waktu antara tiga sampai empat bulan. Sedangkan untuk anakan bisa sampai satu tahun lebih tergantung bibit sapi yang dibeli pada modal awal.
System penggemukan akan lebih cepat perputaran modalnya dari pada system anakan.
Untuk perkiraan hasil rielnya, silahkan tanya lebih lanjut kepada Mbah Google yang baik hati ini.
Wassalamu'alaikum wr,wb.
Sanusi Ibnu Alim.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reading Strategy/Strategi Membaca/ Muhammad Supardi

KEUTAMAAN ILMU DIBANDING DENGAN DENGAN HARTA

MANAGEMENT FUND MORE MODERN ZAKAT