Selasa, 05 Juni 2012

INOVASI LAMPU SEIN


PROPOSAL SINGKAT USULAN
INOVASI LAMPU SIGN KENDARAAN BERMOTOR

BAB  I
A.                  Latar Belakang Masalah
          Lampu sign pada kendaraan bermotor merupakan kelengkapan kendaraan bermotor memiliki fungsi yang sangat vital. Berapa banyak pengendara yang mengalami kecelakaan lalulintas yang disebaban oleh kelalaian dalam penggunaan atau kurang berfungsinya lampu sign.
        
                        Seiring  dengan  kemajuan  industri  otomotif   yang   berdampak pada         kepadatan lalulintas, lampu sign perlu  inovasi lebih lanjut     agar     menjadi                media antar pengendara yang lebih komunikatif.

                         Isyarat  kedipan lampu dengan ritme yang sama untuk berbagai              macam isyarat  sering  membingungkan bagi pengendara, sehingga pengendara hanya bisa menebak-nebak kendaraan yang ada di depannya dengan beberapa kemungkinan seperti mau pindah lajur,  mau berputar arah atau mau  parkir di           tepi  jalan karena alasan sesuatu  hal.
           
                        Memperhatikan hal ini, penulis mengambil inisiatif untuk mengajukan  usulan kepada PT. ASTRA International Tbk, sebagai produsen                  kendaraan bermotor terbesar untuk mengadakan pembaharuan sistem lampu sign,  karena lampu sign yang ada pada saat ini sudah kurang memenuhi kebutuhan   perlengkapan berkendara.

           B.      Tujuan Pembuatan Usulan.
              Usulan ini bertujuan memberikan masukan kepada PT. ASTRA International Tbk,  untuk memberikan pelayanan extra terhadap konsumen kendaraan bermotor,  agar lebih nyaman, tertib dan aman dalam berkendara.

C.        Maklumat.
                        Usulan  ini bukan merupakan hasil penelitian yang  syarat dengan aturan baku yang sudah menjadi tradisi dunia keilmuan. Usulan ini murni dari rasa kepadulian terhadap sesama pengendara yang bebas dari praktek plagiat dan etika keilmuan yang bisa dipertanggung jawabkan secara hukum.
  

BAB  II
URAIAN USULAN
INOVASI LAMPU SIGN KENDARAAN BERMOTOR

 A. Lampu Sign yang Ada Sekarang

                   Adalah lampu kedip berwarna kuning yang berfungsi sebagai isyarat bagi  pengendara kendaraan bermotor  yang akan berpindah lajur, belok kiri atau kanan, berpurar haluan dan parkir di tepi jalan.
        Lampu sign diatur oleh flasher hingga lampu itu bisa berkedip-kedip yang jarak kedip-kedipnya sangat bergantung pada besar-kecilnya watt bohlam yang dipakai.[1]
        Komponen  pendukung sein antara lain :
1.                   Flasher
2.                   Saklar sein
3.                   Bohlam 

Diagram lampu sign
http://i315.photobucket.com/albums/ll463/bapuks/electrical/flasher.gif

B. Bentuk Inovasi yang Diusulkan.

          Untuk  menghindari kesalahpahaman terhadap lampu  isyarat pada kendaraan bermotor, perlu adanya pembagian fungsi yang meliputi : 1)Isyarat pindah  lajur. 2)Isyarat belok kiri atau belok kanan. 3)Isyarat putar haluan, dan  4) Isyarat parkir di tepi jalan.

1.     Isyarat pindah lajur.
Isyarat pindah lajur  dari jalur cepat menuju jalur lambat  atau sebaliknya, serta untuk mendahului menggunakan sistem lampu sign yang ada sekarang yaitu, tip – tip – tip – tip  dan seterusnya (tergantung kebutuhan isyarat yang diperlukan), yang  disini dilambangkan dengan gambar lampu kuning menunjukkan sedang menyala dan lampu hitam  menunjukkan lampu dalam keadaan mati.
2.     Isyarat belok kiri dan belok kanan.
Isyarat  belok kiri atau belok kanan  kedipan lampu sign dua kali-dua kali yaitu  tip tip  -  tip tip  -  tip tip  dan seterusnya (tergantung kebutuhan isyarat yang diperlukan)
Dilambangkan :

3.     Isyarat putar haluan
Isyarat putar  haluan atau  belok arah, kedipan lampu sign tiga kali-tiga kali yaitu tip tip tip – tip tip tip – tip tip tip  dan seterusnya (tergantung kebutuhan isyarat yang diperlukan). Begitu juga apa bila pengendara hendak parkir di tepi jalan kedipan lampu sign disamakan dengan isyarat putar haluan, karena tidak membutuhkan kontak dengan pengendara yang ada di depannya.
Dilambangkan :
   

        BAB III.
        PENUTUP

                                 Sebagai anggota masyarakat pengguna kendaraan bermotor, saya sering merasakan terjadinya kesalahpahaman atas isyarat lampu sign dalam berkendara,terlebih kendaraan angkutan umum yang paling sering berhenti memdadak karena akan menaikkan penumpang atau menurunkan penumpang. Hal ini bisa  menyebabkan kecalakaan dalam berlalulintas.
                       
                  Usulan ini merupakan  bentuk kepedulian saya semata untuk kenyamanan, ketertiban dan keamanan sesama pengguna kendaraan bermotor, baik secara nasional maupun dunia internasional. Semoga pada masa yang akan datang, kecelakaan lalulintas yang disebabkan kesalahpahaman isyarat lampu sign bisa  diminimalisir.
                       
                        Dengan segala kerendahan hati, saya mohon kepada PT.ASTRA   International Tbk, untuk mengembalian usulan ini bila belum bisa diterima.
                       
                        Segala kekurangan baik dalam penggunaan bahasa dan bentuk  penyampaian usulan ini mohon  maaf.
                                                                                                            Bekasi, 01 Juni 2012.
                                                                                                           
                                                                                                             Sanusi Ibnu Alim.




----------------------------------------------------oooo0oooo------------------------------------------------------

Assalamu'alaikum wr,wb.
Kaum Muslimin yang dirahmati Alloh S.W.T.
 Kami, pengurus Panti Asuhan Putri Muhammadiyah 
Harapan Indah, Pejuang , Medan Satria Kota Bekasi

Untuk keperluan  pembelajaran anak asuh, kami membutuhkan :

  • Al-Qur'an Tarjamah.
  • Buku-buku agama Islam.
  • Buku pelajaran umum (SD-SLTA) sebagai  penunjang. 
  • Satu set InFocus dan Laptop.

Terima kasih atas amal Jariyahnya, semoga Alloh melimpat gandakan rizqi yang telah saudara ku dermakan.

Wassalamu'alaikum wr,wb. 

Informasi :
021 - 98247924, 93887883, 085299001965, 96039875.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar